WhatsApp Sedot Data Anda ke Facebook, Cara Mencegahnya?

Image result for WhatsApp Serahkan Data Anda ke Facebook

 

WhatsApp kini bisa membagi data pengguna ke perusahaan induknya, Facebook, jika pengguna mengizinkan. Beberapa data yang dimaksud adalah nomor telepon dan kebiasaan pemakaian aplikasi. 


WhatsApp dan Facebook menjamin tak bakal membagi atau menjual data pengguna ke pengiklan. Itu pun jika Anda percaya.

Bila tak nyaman dengan kebijakan baru dua perusahaan tersebut, ada dua cara menolaknya, sebagaimana dilaporkan TheVerge . 

Pertama, saat mendapat pemberitahuan dari WhatsApp soal kebijakan itu, jangan serta-merta menekan "Agree". Anda bisa menekan opsi bertuliskan "read more" meski ukurannya dibuat lebih kecil. 

Setelah menekan opsi pembacaan lebih lanjut itu, Anda bisa menghapus centang bertajuk "Share my WhatsApp account information with Facebook". Opsi tersebut memberi Anda pilihan untuk tak membagi informasi akun WhatsApp ke sang "ibu". 

Jika Anda terlanjur menekan "Agree" sebelum membaca artikel ini, ada cara kedua yang bisa dilakukan. Anda cuma perlu masuk ke menu penyetelan aplikasi lalu tekan tab akun di bagian "Settings | Account". Cara ini hanya bisa dilakukan maksimal 30 hari setelah Anda memilih tombol "Agree" di WhatsApp.



The Verge