OPINI

Dibutuhkan Bantuan atau Penzaliman Pemerintah untuk Raih Nobel Sastra?

Dibutuhkan Bantuan atau Penzaliman Pemerintah untuk Raih Nobel Sastra?

Apa yang bisa dibantu pemerintah untuk ikut mengangkat harkat sastra Indonesia di mata dunia? Bisakah bantuan pemerintah berakibat lahirnya karya puncak sastra yang diakui dunia? Ataukah karya puncak sastrawan lebih tersimulasi jika sang saatrawan itu justru dizalimi pemerintah? Bukan bantuan tapi justru penzaliman pemerintah yang dibutuhkan? Berikut ini perspektif Denny JA.

Read more ...
Badan Usaha Politik, Partai Politik Makin Mirip Korporasi Bisnis

Badan Usaha Politik, Partai Politik Makin Mirip Korporasi Bisnis

Manusia adalah zoon politicon, kata Plato dalam bukunya Republica. Sebagai bagian dari zoon politicon, manusia secara individual merupakan elemen terkecil dari sebuah negara. Politik, dalam arti kata kesalinghubungan antarmanusia merupakan salah satu dimensi terpenting dari manusia. Sebagai makhluk politik, eksistensi manusia tidak terpisahkan dengan konsepsi negara.

Read more ...
Kemampuan Politik Jokowi Akankah Memainkan Demokrasi Seolah-Olah?

Kemampuan Politik Jokowi Akankah Memainkan Demokrasi Seolah-olah?

Bagaimanakah kelak sejarah akan mengenang Jokowi setelah terbitnya Perpu Ormas (Perpu No 2 tahun 2007)? Seandainya karena kemampuan politiknya Perpu Ormas ini lolos dari judicial review MK dan disahkan pula oleh DPR, akankah Jokowi dikenang sebagai strong leader yang tegas mengambil sikap di era kegentingan? Berikut ini perspektif Denny JA.

Read more ...
Tidak Akan Suatu Kebijakan Politik Berhasil Tanpa Ada Unsur Pendukungnya

Apakah Presiden Jokowi Memainkan Politik Pecah Belah?

Perang politik-hukum DPR dengan KPK, keributan antar penguasa lapak politik berlabel Islam, kegalauan di partai-partai politik, hingga persaingan dan perbenturan di sekeliling presiden, membuat konstelasi politik jadi acak awut. Akibatnya Presiden Jokowi makin kuat dan menjadi penentu dari semuanya.

Read more ...